Friday, April 5, 2019

38.104 Surat Suara Pilpres di Garut Rusak

38.104 Surat Suara Pilpres di Garut Rusak


Pesta Demokrasi Rakyat Indonesia Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kurang dari dua pekan lagi. Namun surat suara rusak masih saja ditemukan.

Di Garut, petugas sortir dan lipat KPU menemukan 38 ribu surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dalam kondisi rusak. KPU segera mengajukan surat suara pengganti.

Puluhan ribu surat suara PPWP yang rusak itu diketahui setelah hampir seminggu KPU melakukan proses sorlip sejak surat suara PPWP tiba pada Jumat (29/3) lalu.

Ada 38.104 surat suara PPWP rusak.
"Jumlah dus yang datang sebanyak 967 berisi 1.929.680 surat suara. Setelah disorlip hasilnya 1.891.576 surat suara dalam kondisi baik dan 38.104 surat suara dalam kondisi rusak," ujar Ketua KPU Garut Junaidin Basri kepada wartawan di kantornya, Jalan Suherman, Tarogong Kaler, Jumat (5/4/2019).

Junaidin mengatakan, kerusakan paling banyak berasal dari pabrikan seperti robek, terdapat bercak warna serta surat suara yang warnanya pudar. Pihak KPU telah mengajukan surat suara pengganti ke Biro Logistik KPU provinsi Jabar dan KPU RI. "Kami telah mengajukan pengiriman surat suara PPWP yang kurang," katanya.

Guna mengantisipasi terjadinya kecurangan dan ribuan surat suara tersebut jatuh ke tangan oknum tak bertanggungjawab, KPU akan memusnahkan ratusan surat suara rusak dengan cara dibakar. "Nanti dipilah khusus dan dibakar. Prosesnya akan disaksikan oleh semua pihak yang berkepentingan," pungkas Junaidin.



#indonesiamenang #indonesiamaju #indonesiabersatu #jokowi #prabowo #ma'ruf #sandiaga #pilpres2019 #pemiludamai #oinfonews


EmoticonEmoticon