Tuesday, April 9, 2019

Ini Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Bawa Barang Lebih Dari 7kg ke Kabin Pesawat

Ini Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Bawa Barang Lebih Dari 7Kg ke Kabin Pesawat


Seperti yang kita ketahui, penumpang pesawat dilarang membawa barang bawaan atau hand carry lebih dari 7 kg. Senior Manager Skyteam Hub Services Bandara Soekarno-Hatta PT Garuda Indonesia, Engeline Yolanda Kardinal mengungkapkan alasan di balik larangan tersebut.

Engeline mengatakan bahwa berat koper 7 kilogram tersebut sudah dikalkulasikan dengan rata-rata berat tubuh penumpang untuk kepentingan take off dan landing. Ia juga menuturkan bahwa hal itu sudah menjadi peraturan pesawat dari seluruh dunia.

"Agar seimbang dan ini sudah menjadi peraturan dunia," ujar Angeline dilansir dari Tempo.

Sementara, untuk kapasitas kompartemen penyimpanan barang di atas kepala penumpang dalam satu baris yaitu sekitar 21 kilogram.

Jadi, kalau hand carry melebihi 7 kg, tentu akan mebahayakan keselamatan penerbangan. "Misalnya ada satu penumpang yang membawa koper seberat 20 kilogram. Artinya dia kelebihan 13 kilogram, dikalikan dengan jumlah penumpang. Itu bisa jadi berapa ton untuk total bobot pesawat dan membahayakan diri sendiri serta orang lain," ujar Angeline.

Berdasarkan keterangan dari Angkasa Pura Airports, setiap pesawat mempunyai batas kemampuan untuk menahan berat ketika mengudara. Bobot itu terdiri dari berat pesawat itu sendiri beserta isinya, seperti penumpang, bagasi, kargo, serta bahan bakar.


#pesawat #garuda #lionair #oinfonews 


EmoticonEmoticon