Sunday, April 7, 2019

Rekor Dunia Memainkan Alat Musik Celentung Di Hari Jadi Garut

Rekor Dunia Memainkan Alat Musik Celentung Di Hari Jadi Garut

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Garut Rudy Gunawan serta tamu undangan lainnya, turut sera memainkan alat musik celentung bersama 206 siswa dari Kec. Selaawi yang mampu mendapatkan Rekor Dunia Record Holder Republic (RHR) pada pembukaan Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) 2019, di Alun-Alun Garut, Sabtu (6/4/2019)
Pertunjukan musik celentung alat musik bambu khas Selaawi yang dibawakan oleh para pelajar di Alun-alun Garut, Jawa Barat, dalam Festival Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) 2019.

Acara tersebut memecahkan rekor dunia versi RHR (Record Holder Republic). Celentung, alat musik baru khas Selaawi yang diperkenalkan pada GPBG 2019 dan berhasil membuat rekor membanggakan.

Dalam peluncuran perdananya mereka langsung mendunia dan mampu memecahkan rekor RHR.

Pada Sabtu (6/4/2019), pencatat rekor yang berbasis di Amerika Serikat itu menilai permainan celentung yang digelar di Alun-alun Garut sebagai pemegang rekor dunia dengan peserta terbanyak yang dibawakan oleh 206 siswa berseragam batik.

Dalam pemecahan rekor itu peserta membawakan dua lagu yaitu satu lagu daerah dan Indonesia Pusaka dalam waktu 10 menit. Menurut Vice President of RHR, Lia Mutisari, jenis alat musik ini tidak pernah ada dan masuk kategori unik menurut dunia. "Semoga bisa menjadi inspirasi gerakan kebudayaan dalam mengharumkan nama Indonesia di mata dunia," ucap Lia usai pemecahan rekor dunia permainan Celentung dengan peserta terbanyak, di Alun-alun Garut, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2019).





EmoticonEmoticon