Friday, May 24, 2019

CARA BELAJAR DATABASE (BASIS DATA)


CARA BELAJAR DATABASE (BASIS DATA)



Database dan teknologi database yang memiliki dampak besar pada meningkatnya penggunaan komputer. Hal ini adil untuk mengatakan bahwa database memainkan peran penting di hampir semua daerah di mana komputer digunakan, termasuk bisnis, teknik, kedokteran, hukum, pendidikan, dan ilmu perpustakaan, untuk beberapa nama. Kata database yang umum digunakan sehingga kita harus mulai dengan mendefinisikan database. Definisi awal kami cukup umum.

Database adalah kumpulan data terkait (Catatan 1). Dengan data, kita berarti fakta yang diketahui yang dapat direkam dan yang memiliki makna tersirat. Sebagai contoh, perhatikan nama-nama, nomor telepon, dan alamat dari orang yang Anda kenal. Anda mungkin telah mencatat data ini dalam sebuah buku alamat diindeks, atau Anda mungkin telah disimpan pada disket, menggunakan komputer pribadi dan perangkat lunak seperti DBASE IV atau V, Microsoft ACCESS, atau EXCEL. Ini adalah kumpulan data terkait dengan makna implisit dan karenanya adalah database.

Definisi sebelumnya database cukup umum; misalnya, kita dapat mempertimbangkan koleksi kata-kata yang membentuk halaman ini teks menjadi data yang terkait dan karenanya untuk membentuk database. Namun, penggunaan umum dari database istilah biasanya lebih terbatas. Sebuah database memiliki sifat implisit berikut:

• Database mewakili beberapa aspek dari dunia nyata, kadang-kadang disebut miniworld atau Universe of Discourse (UOD). Perubahan miniworld yang tercermin dalam database.

• Database adalah koleksi yang secara logis data dengan beberapa makna yang melekat. Beraneka acak data tidak benar disebut sebagai database.

• Database dirancang, dibangun, dan diisi dengan data untuk tujuan tertentu. Ini memiliki kelompok dimaksudkan pengguna dan beberapa aplikasi yang terbentuk sebelumnya di mana para pengguna tertarik.

Dengan kata lain, database memiliki beberapa sumber dari mana data berasal, beberapa derajat interaksi dengan kejadian di dunia nyata, dan penonton yang aktif tertarik pada isi database.

Sebuah database dapat dari berbagai ukuran dan dari berbagai kompleksitas. Sebagai contoh, daftar nama dan alamat disebut sebelumnya dapat terdiri dari hanya beberapa ratus catatan, masing-masing dengan struktur sederhana. 

Di sisi lain, katalog kartu perpustakaan besar mungkin berisi setengah juta kartu disimpan di bawah kategori-oleh yang berbeda nama belakang penulis utama ini, oleh subjek, dengan buku judul-dengan masing-masing kategori yang diselenggarakan dalam urutan abjad. Database ukuran lebih besar dan kompleksitas dikelola oleh Internal Revenue Service untuk melacak formulir pajak yang diajukan oleh pembayar pajak AS. 

Jika kita mengasumsikan bahwa terdapat 100 juta pembayar pajak dan jika setiap wajib pajak file rata-rata lima bentuk dengan sekitar 200 karakter informasi per formulir, kita akan mendapatkan database 100 * (106) * 200 * 5 karakter (byte) dari informasi. Jika IRS terus tiga pengembalian terakhir untuk setiap wajib pajak di samping kembali saat ini, kita akan mendapatkan database 4 * (1011) byte (400 gigabyte). sejumlah besar informasi ini harus diatur dan dikelola sehingga pengguna dapat mencari, mengambil, dan memperbarui data yang diperlukan.

Sebuah database dapat dihasilkan dan dipelihara secara manual atau mungkin terkomputerisasi. Katalog kartu perpustakaan adalah contoh dari database yang dapat dibuat dan dipelihara secara manual. Sebuah database terkomputerisasi dapat dibuat dan dikelola baik oleh sekelompok program aplikasi yang ditulis secara khusus untuk tugas itu atau oleh sistem manajemen database.

Sebuah sistem manajemen database (DBMS) adalah kumpulan program yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan memelihara database. DBMS adalah maka perangkat lunak sistem tujuan umum yang memfasilitasi proses mendefinisikan, membangun, dan memanipulasi database untuk berbagai aplikasi. Mendefinisikan database melibatkan menentukan jenis data, struktur, dan kendala untuk data yang akan disimpan dalam database. Membangun database adalah proses menyimpan data itu sendiri pada beberapa media penyimpanan yang dikendalikan oleh DBMS. 

Memanipulasi database termasuk fungsi seperti query database untuk mengambil data tertentu, memperbarui database untuk mencerminkan perubahan dalam miniworld, dan menghasilkan laporan dari data.

Hal ini tidak perlu untuk menggunakan perangkat lunak DBMS tujuan umum untuk menerapkan database terkomputerisasi. Kita bisa menulis set kita sendiri program untuk menciptakan dan memelihara database, pada dasarnya menciptakan tujuan khusus perangkat lunak DBMS kita sendiri. 

Dalam kedua kasus-apakah kita menggunakan tujuan umum DBMS atau tidak-kita biasanya harus mempekerjakan sejumlah besar perangkat lunak untuk memanipulasi database. Kami akan memanggil database dan software DBMS bersama-sama sistem database. Gambar 01.01 mengilustrasikan ide-ide ini.


#BasisData #kitabersaudara #kitabarumulai #oinfonews


EmoticonEmoticon