Wednesday, May 1, 2019

TEKNIK PEMBANGUNAN JARINGAN KOMPUTER WIRELESS - WIRE NETWORK

TEKNIK PEMBANGUNAN JARINGAN KOMPUTER WIRELESS - WIRE NETWORK







Baik kita akan melanjutkan tahap Pembangunan Jaringan Komputer yang sebelumnya hanya baru 2 tahap kita akan melanjutkannya. 

3. Analisis Situasi dan Perencanaan 
Dalam penyusunan perencanaan pembangunan jaringan komputer, tim yang mendapat tugas tersebut harus menganalisis sistem yang akan dibangun tersebut secara cermat dan teliti.  Analisis sistem meliputi: 
a. lingkungan sistem; 
b. kebutuhan layanan; 
c. kebutuhan perangkat keras. 

Dari analisis tersebut, kemudian dapat disusun perencanaan sistem jaringan komputer yang akan dibangun. 

4. Perancangan 
Dalam menyusun rancangan jaringan komputer, maka tim harus memperhatikan bahwa tugasnya meliputi penyususnan rancangan konfigurasi, pelayanan dan pengelolaan jaringan komputer tersebut. 



Rancangan konfigurasi meliputi perancangan topologi, media transmisi, perangkat keras standard an protokol standar termasuk di dalamnya sistem operasi yang akan digunakan.  Disamping itu, tim juga harus dapat melihat kendala-kendala apa yang mungkin terjadi.  

Dan akhirnya nanti tim harus dapat menetapkan rancangan konfigurasi terbaik berdasarkan denah lokasi perusahaan, jarak antar ruang dan mobilitias pemakai serta kondisi medan dan gedung. Sedangkan dalam merancang pelayanan yang harus disediakan oleh jaringan komputer, tim harus dapat merumuskan layanan standar yang harus tersedia, layanan tambahan dan keamanan data yang ada.  

Disamping itu, tim juga harus menentukan rancangan pengelolaan jaringan komputer itu, termasuk di dalamnya perancangan tentang layanan direktori kepada pemakai, prosedur, kebijakan penggunaan jaringan serta proses pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunaknya. 

5. Implementasi 
Setelah rancangan jaringan komputer dinilai tepat dan siap, maka rancangan itu dapat segera diimplementasikan.  Pada tahap ini, kegiatan yang dilakukan oleh tim meliputi: 

a. Penyediaan peralatan perangkat keras dan perangkat lunak jaringan beserta peripheralnya; 
b. Penempatan peralatan dan menghubungkannya satu sama lain lewat media transmisi;  
c. Instalasi perangkat lunak system operasi jaringan dan perangkat lunak lain yang dibutuhkan; 
d. Pastikan bahwa rangkaian jaringan dapat berfungsi dengan baik dan normal; 
e. Susunlah buku petunjuk instalasi jaringan, alur media transmisi dan alamat port yang digunakan; 
f. Tim harus melakukan pelatihan guna mempersiapkan SDM yang ada. 

6. Evaluasi 
Setelah rancangan jaringan diimplementasikan, tahap berikut yang penting, tetapi sering diabaikan oleh tim yang membangun jaringan computer adalah evaluasi.  

Tahapan ini penting, karena pada tahap ini dilakukan evaluasi terhadap kapasitas transmisi dan kemampuan pengiriman data, kapasitas layanan dan interkoneksi, kemampuan penanganan kesalahan dan keamanan terhadap data. 

Bilamana ditemukan kekurangan-kekurangan atau kendala-kendala, maka tim harus meninjau kembali perancangan yang disusunnya untuk dilakukan pembenahan atau penyesuaian seperlunya. 

7. Pemeliharaan 
Bilamana instalasi jaringan sudah dinilai beroperasi secara optimal, maka tugas bagi teknisi jaringan adalah melakukan pemeliharaan.  

Adapun pekerjaan pemeliharaan meliputi pemeriksaan berkala terhadap system secara keseluruhan, seperti kapasitas harddisk yang masih tersisia, backup secara berkala, kecepatan akses jaringan, kondisi server, kondisi terminal dan temperatur ruang.




#jaringan #komputer #wire #wireless #network #4G #pembangunan #kitabarumulai #oinfonews


EmoticonEmoticon