Sunday, May 12, 2019

Teknologi Dan Masyarakat Informasi

Teknologi Dan Masyarakat Informasi

Digital Native

Generasi “Selalu On” atau “Online” menghabiskan waktu 8 jam lebih setiap harinya dengan  melihat berbagai layar, seperti telepon seluler, komputer, dan TV.

Digital Native adalah generasi yang lahir setelah tahun 80’an saat teknologi sosial digital muncul secara online, di mana mereka dapat mengakses teknologi jaringan digital dan dapat menggunakan teknologi tersebut. Mereka tumbuh berkembang bersama dengan Teknologi Informasi seperti internet, komputer, dan perangkat bergerak. Sementara Digital Immigrant adalah mereka yang terlahir sebelumnya. 

Menjadi “Computer Savvy” bermakna mengetahui apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh komputer, keuntungan apa yang dapat diberikan komputer kepadamu, dan bagaimana komputer membahayakanmu, mengetahui kapan kamu dapat menyelesaikan permasalahan komputer dan kapan kamu harus meminta bantuan.


Teknologi Informasi

Teknologi informasi secara umum didefinisikan sebagai teknologi apapun yang membantu memproduksi, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan, dan / atau mendiseminasikan informasi. Teknologi informasi meliputi komponen teknologi dari sumber daya sistem informasi, meliputi perangkat lunak, perangkat keras, perangkat jaringan, dan perangkat data.

Komputer adalah mesin serbaguna / multiuse yang dapat diprogram / programmable yang menerima data (material fakta atau gambat), untuk kemudian diproses atau dimanipulasi menjadi informasi yang dapat kita gunakan, seperti ringkasan, total, atau laporan. Komputer berguna dalam mempercepat penyelesaian masalah dan meningkatkan produktivitas.

Teknologi komunikasi atau telekomunikasi mengandung perangkat elektromagnetik dan sistem untuk berkomunikasi jarak jauh, seperti telepon, radio, televisi penyiaran, dan televisi kabel.

Online artinya menggunakan komputer atau perangkat informasi lainnya, terhubung melalui jaringan untuk mengakses informasi dan layanan dari komputer atau perangkat informasi lainnya.

Jaringan Network adalah sistem komunikasi yang menghubungkan dua atau lebih komputer, di mana jaringan terbesarnya disebut Internet.


Masyarakat Informasi 

Masyarakat Informasi adalah budaya baru yang struktur sosialnya berdasarkan kepada kebebasan dalam pembuatan, distribusi, akses, dan pemanfaatan informasi dengan TIK. Kebebasan tersebut mendorong kreatifitas intelektual di mana informasi sebagai produk kreatifnya menjadi sumber daya ekonomi yang dimanfaatkan oleh masyarakat informasi (Karvalics, 2007)

Agar dapat berpartisipasi penuh dalam masyarakat informasi, setiap individu harus Melek Digital yang meliputi :

1) Melek TIK dasar, yakni kemampuan seseorang untuk menggunakan TIK yang diperlukan oleh kebanyakan pengguna (Acevendo, 2005),
2) Melek informasi, yakni kemampuan seseorang untuk mengetahui informasi yang diperlukannya, serta mengakses, menemukan, dan memprosesnya untuk membuat nilai dengan TIK (Árpád, 2007, Andretta, 2005).

Pembangunan masyarakat informasi dilakukan dengan memprioritaskan pengembangan sumber daya manusia melalui kegiatan pelatihan yang menjadikan setiap orang menggunakan TIK dalam keseharian hidup mereka serta meningkatkannya dalam populasi keseluruhan (Sarrocco, 2002).

Target penting pelatihannya adalah Lembaga Pendidikan karena dapat meningkatkan kebutuhan atau pemanfaatan informasi dan teknologi yang mendorong pertumbuhan konten dan infrastruktur serta industri layanan TIK di negara berkembang (International Telecommunication Union, 2002).

Pelajar atau Mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan tersebut dapat didorong untuk melatihkannya kembali secara sukarela kepada masyarakat di sekitar kampus agar terjadi peningkatan populasi masyarakat informasi. Dorongan tersebut sangat mungkin dilakukan karena sebagian remaja tertarik menjadi relawan karena adanya pelatihan gratis (Ellis, 2004) di mana pengembangan keahlian tersebut dianggap oleh mereka sebagai insentif (Low, 2000) yang memadai untuk amal sukarela yang dijalankannya.

Pemanfaatan sistem berbasis web yang beroperasi secara online dan menunjang transaksi bisnis merupakan orientasi ekonomi berbasis teknologi digital atau ekonomi digital. Orientasi ini dipercaya dapat menstimulus perubahan secara cepat (Turban, et al., 2006).



#teknologi #informasi #masyrakat #kitabarumulai #oinfonews


EmoticonEmoticon